Candi Ijo, Si Cantik dari Yogyakarta

Nama : Erma Desy Ismail

NIM : A310140018

Kelas : 6A

Candi Ijo, si Cantik dari di Yogyakarta

 

Gambar-Sunset-Candi-Ijo-Yogyakarta

sumber: google.com

Yogyakarta sering di jadikan destinasi favorit bagi para wisatawan untuk berlibur dan menikmati akhir pekan. Terutama para pekerja kota-kota besar yang rela datang ke Yogyakarta untuk sedekar menyegarkan otak mereka yang selalu diperas saat hari bekerja. Yogyakarta juga menjadi pilihan study tour favorif bagi pelajar dari dalam dan luar kota. Maka dari itu ada meme yang sempat viral di media sosial dengan tulisan ‘kalau pusing dan stress obatnya berlibur ke Yogyakarta’.
Pantai parangtritis, Malioboro, Candi Prambanan adalah destinasi yang sangat terkenal di Yogyakarta, banyak wisatawan lokal dan manca negara yang berkunjung ketempat- tempat itu, selain itu terdapat salah satu destinasi di Yogyakarta yang belum di ketahui orang banyak. Candi Ijo, destinasi yang masih perawan dan belum populer dikalangan wisatawan Yogyakarta tak kalah apik dengan destinasi yang sudah ada di Yogjakarta.
Candi Ijo terletak di dukuh Groyokan, desa Sambirejo, kecamatan Prambanan, Sleman. Terletak tidak jauh dari Candi Prambanan, menjadikan akses menuju Candi Ijo ini sangat mudah bagi wisatawan.
Para wisatawan harus menempuh perjalanan berkisar antara 15 menit dari Candi Prambanan dan melewati bukit yang dikenal dengan nama bukit ijo untuk sampai disana. Akses menuju candi ijo melewati jalan yang berkelok dan curam, serta jalan yang bergelombang, namun disepanjang perjalanan mata kita akan disuguhkan oleh pemadangan persawahan dan perbukitan yang indah.
Rasa lelah yang ditempuh selama perjalanan akan terbayarkan dengan keindahan yang akan membuat para wisatawan terkesan dengan keadaan alam yang masih alami, yang berada di sekitaran kompleks Candi. Candi Ijo merupakan candi yang bercorak hindu. Tiket masuk kompleks candi tidak dikenai tarif, pengunjung cukup menulis nama serta asal kota pada buku tamu yang disediakan oleh petugas.
Letak Candi Ijo berada pada ketinggian 410 m diatas permukaan laut menjadikan kompleks candi ijo menjadi lokasi candi tertinggi di Yogyakarta. Candi Ijo dibangun sekitar abad ke-9, komplek candi terdiri dari 17 struktur bangunan yang terbagi menjadi 11 teras yang berundak.
Candi ini relatif sepi karena terletak di ketinggian dari pada candi-candi yang lainnya, dan aksesnya yang cukup buruk untuk sampai ke candi ini. Kelebihan dari candi ini, komplek candi ini sudah tertata rapi, serta bersih, dan sudah disediakan beberapa tempat sampah dibeberapa titik di komplek candi.
Waktu terbaik untuk menikmati kawasan kompleks Candi Ijo adalah pada sore hari dimana bebatuan candi terguyur sinar mentari senja. Selain itu pengunjung bisa menyaksikan sunset yang sangat indah dari Candi, dan menyaksikan kota Jogya dari ketinggian. Pengunjung akan mendapatkan golden sunset dan merasakan surga diketinggian Yogjakarta ketika berlibur ke candi ini.
Candi ijo dapat dijadikan sebagai salah satu bagian dari destinasi yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke Yogyakarta. Panorama alam dan golden sunset yang disuguhkan komplek candi ini akan membuat pengunjung betah berlama-lama dan tentunya pengunjung akan memiliki hasrat untuk datang kembali di kawasan komplek candi ini. 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s